RSS

PESONA INDAHNYA TA’ARUF 2009 (PINTAR’09)

Assalamu’alaikum warahmatullah...

Ajang ini merupakan langkah awal memasuki kawah candradimuka civitas akademika Universitas Islam Indonesia (UII) dan merupakan awal mahasiswa dan mahasiswi baru (MABA-MIBA) memasuki kemahasiswaan yang memiliki kompleksitas yang terintegrasi menuju mahasiswa rahmatan lil ‘alamin. Pesona Indahnya Ta’aruf 2009 merupakan rutinitas yang tidak bisa dipisahkan yang mana akan membentuk karakter mahasiswa yang yakin akan kemampuan diri sendiri serta mau berusaha utnuk mencapai apa yang dicita-citakan dengan slogan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) “YAKIN USAHA SAMPAI” dengan tema “MEMBANGUN PARADIGMA MAHASISWA DALAM MEWUJUDKAN BANGSA YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA”.

Tanggal 8 Agustus 2009, dilaksanakan kuliah perdana di gedung auditorium Universitas Islam Indonesia.
Kegiatan ini diisi dengan kata sambutan dari Rektor UII, beberapa dekan dari masing-masing fakultas, dan juga beberapa organisasi kemahasiswaan di UII seperti LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa), SC (Steering Comittee), dan OC (Organizing Comittee). Lalu dilanjutkan dengan pengelompokan maba-miba sesuai dengan fakultas. Untuk maba diwajibkan untuk memakai kemeja lengan panjang putih, celana panjang hitam, kaos kaki putih, sepatu hitam, dan kopiah hitam. Sedangkan untuk miba diwajibkan untuk memakai baju kurung putih, rok panjang hitam, kaos kaki putih, sepatu hitam dan kerudung putih.

Tanggal 9-10 Agustus 2009, diadakan ospek universitas atau disebut dengan PINTAR’09.
Seluruh maba-miba dikelompokkan dengan urutan jema’ah yang merupakan gabungan dari beberapa fakultas. Di hari pertama, pukul 05.30 semua maba-miba sudah berkumpul di lapangan UII dan kembali mendengarkan kata sambutan dilanjutkan dengan acara hiburan dari beberapa band kakak senior. Acara pun dilanjutkan dengan LMT (Life Management Training) yang diadakan di Gedung Auditorium UII. Training ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membimbing maba-miba agar mempunyai cita-cita yang telah terpatri ketika menginjakkan kaki pertama kali di kampus, selain itu juga mampu mengatur hidup secara mandiri. Di samping LMT, beberapa pemateri yang juga merupakan dekan di beberapa fakultas UII ikut berpartisipasi dengan memberikan materi dengan tema ”Mahasiswa Sebagai Agent of Change, Agent of Social Control, dan Iron Stock Sehingga Menjadi Bangsa yang Mandiri dan Sejahtera”. Selain beberapa penyampaian materi, panitia PINTAR juga mengisi acara dengan Ice Breaking dan Dinamika Ta’aruf yang dimana acara ini berupa games komunikatif, atraktif dan komunal untuk melatih kebersamaan antar peserta.

Di samping itu juga, kegiatan PINTAR’09 diisi dengan kegiatan seru lainnya seperti aksi sosial yang dimana merupakan sebauh metode penerjunan langsung maba-miba kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi awal sebagai mahasiswa yang kritis serta aktif dan kegiatan ini sangat bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial (social emphaty) agar termotivasi dan kelak mampu memberikan peran dalam upaya perbaikan bangsa. Kegiatan aksi sosial ini diikuti oleh beberapa perwakilan maba-miba yang terpilih dari seluruh jama’ah PINTAR’09 dan bertempat di sekitar daerah Malioboro. Selain kegiatan aksi sosial, kegiatan lainnya seperti Baksos (Bakti Sosial) juga merupakan serangkaian kegiatan outdoor yang telah diagendakan di kegiatan PINTAR’09. Kegiatan baksos ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari beberapa jema’ah dan bertempat di daerah permukiman yang letaknya tidak jauh dari UII (kebetulan aku terpilih untuk mengikuti kegiatan ini). Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jiwa mahasiswa untuk saling tolong-menolong dan kebersamaan, berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa negara dan lingkungan sekitar. Acara PINTAR’09 diakhiri dengan pengenalan beberapa organisasi UII seperti penampilan atraksi dari Marching Band UII, Lembaga Pers Mahasiswa ”HIMMAH”, juga MAPALA UNISI (Mahasiswa Pecinta Lingkungan Universitas Islam Indonesia).

Tanggal 12-13 Agustus 2009, ospek fakultas pun dilaksanakan di setiap fakultas masing-masing.
Berhubung aku memilih jurusan Teknik Lingkungan yang masuk ke Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), jadi ospek fakultas ini disebut dengan PEKTA (Pekan Ta’aruf) yang bertemakan ”Open Your Mind, Follow Your Heart, And Believe The Glory in Your Hand” yang berarti ”Buka Pikiranmu, Ikuti Kata Hatimu, dan Percayalah Kesuksesan Ada di Tanganmu.” Kegiatan PEKTA FTSP ini sangat berbeda sekali dengan kegiatan PINTAR’09. Pukul setengah enam pagi, seluruh maba-miba harus sudah ada di gerbang UII untuk mengikuti baris-berbaris sesuai fakultas masing-masing yang dipandu oleh tim SPL (Satuan Penertib Lapangan) yang terdiri dari para kakak senior yang menggunakan jas almamater berwarna biru.
Setiap fakultas mempunyai nama ospek masing – masing yang terdiri dari :
1. FTSP (Fak. Teknik Sipil dan Perencanaan) ”PEKTA” Pekan Ta’aruf
2. FTI (Fak. Teknik Industri)
3. FPSB (Fak. Psikologi dan Sosial Budaya) ”SERUMPUN”
4. FMIPA (Fak. Matematika dan IPA) ”MASTA” Masa Ta’aruf
5. FIAI (Fak. Ilmu Agama Islam)
6. FK (Fak. Kedokteran) ”AORTA” Ajang Orientasi Ta’aruf Akbar
7. FH (Fak. Hukum)
8. FE (Fak. Ekonomi).
Kegiatan ini diadakan dengan tujuan pengenalan fakultas, jurusan, dekan, dan beberapa dosen. Dan yang paling penting adalah pembinaan mental agar mampu dan tidak mudah putus asa untuk menghadapi rintangan.

ONDI (Orientasi Nilai Dasar Islam) yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2009.
Kegiatan ONDI yang mengambil tema ”Menuju Kemantapan Tauhid Dengan Ibadah dan Akhlakul Karimah” dan juga merupakan syarat untuk mengikuti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang akan diadakan pada semester 7 dan 8. Kegiatan ONDI ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa memasuki dunia akademik, memahami pondasi dasar nilai-nilai keIslaman sebagai proses pembelajaran.
Selain itu juga kegiatan ONDI ini diharapkan mampu menjadikan maba-miba mendapat pencerahan intelektual dan spiritual, berilmu amaliyah dan beramal ilmiah dan menjadi khairu ummah yang rahmatan lil alamin. Kegiatan ini terus berlangsung sampai keesokan harinya dan mengharuskan seluruh maba-miba untuk bermalam di fakultas yang telah ditentukan. Untuk maba, diwajibkan menginap di FTI (Fak. Teknik Industri). Sedangkan untuk miba, diwajibkan menginap di FTSP (Fak. Teknik Sipil dan Perencanaan). Kegiatan ini diisi dengan mendengarkan materi-materi yang berkaitan dengan nilai-nilai dasar Islam oleh beberapa pemateri yang juga dosen di UII seperti tauhid, ibadah, zakat, haji, akhlakul karimah, shalat malam (Qiyamul Lail). Selain mendengarkan beberapa materi, seluruh maba dan miba juga diharuskan untuk mengikuti kegiatan tadarus Al-Quran, acara dialog interaktif dan shalat jemaah bersama.

Keesokan harinya, tanggal 16 Agustus 2009, pukul 3 pagi seluruh maba dan miba sudah harus bangun untuk Tadarus Al-Quran, dilanjutkan dengan shalat tahajud, shalat witir, dan shalat Subuh. Sekitar jam 6 pagi, diberi waktu 1 jam untuk sarapan, membersihkan diri, sekaligus mersiapkan diri untuk mengikuti tes ONDI yang berupa tes hapalan surat-surat pendek dan doa sehari-hari, menulis dan membaca Al-Quran dan mengerti ilmu tajwid. Kegiatan ONDI selesai setelah tes telah dilaksanakan.
Kegiatan ini akan berlanjut di RUSUNAWA (Rumah Susun Mahasiswa) yang bertujuan untuk lebih memperdalam nilai dasar Islam setiap para mahasiswa baru UII. Kegiatan RUSUNAWA ini Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Aku memulai rencana...
dan berjuang... untuk meraih sebuah asa...
Dan aku berharap pada-Mu asaku ini Engkau beri petunjuk untuk DUNIA DAN AKHIRAT serta hidayah-Nya kujadikan sebagai pegangan hidupku...

Wassalamu’alaikum warahmatullah...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment

My Hamster